Cara Orangtua Mencegah Anak Ikut Paham Radikal Ala Anies Baswedan

Cara Orangtua Mencegah Anak Ikut Paham Radikal Ala Anies Baswedan

Sipayo.com
– Orang tua dan guru diharapkan mampu mencegah anak didik mengikuti paham radikal. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan komunikasi yang baik.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan usai pelantikan Pengurus Besar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PB KB-PII) di Jakarta, Minggu (17/1) kemarin.
 
Menurut Menteri Baswedan, komunikasi yang intensif antara orang tua dan anak maupun guru dengan peserta didik akan mencegak anak masuk kedalam paham radikal.
 
“Perlu adanya komunikasi intensif antara orang tua dan anak maupun guru dan anak. Dengan komunikasi yang baik, maka dapat mencegah anak masuk dalam paham radikal,” ujar Baswedan seperti dilansir dari halaman republika, senin (18/1/2016).
 
Ada empat hal yang menyebabkan anak berubah yakni yakni narkoba, mengalami kekerasan, pornografi, dan pikiran menyimpang dalma hal ini paham radikal.
 
“Ketika muncul masalah itu, segera lakukan komunikasi yang intensif dengan anak. Jangan sampai anak menjadi korban,” jelas Mendikbud.
 
Mendikbud menambahkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini akan menerbitkan panduan singkat mengenai cara menghadapi tindakan terorisme itu yang terdiri dari dua bentuk yakni untuk guru dan orang tua.