11 Daerah Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total Maret 2016

11 Daerah Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total Maret 2016


 
Sipayo.com – Gerhana matahari total akan terjadi pada pada 9 Maret 2016 mendatang di Indonesia. Ada 11 Daerah yang dilitasi oleh fenomena alam yang sangat langka ini.
 
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menyebutkan gerhana total yang akan terjadi maret mendatang diperkirakan akan terjadi lagi pada 350 mendatang.
 
“Gerhana Matahari Total seperti ini diperkirakan akan terjadi lagi di Indonesia sekitar 350 tahun mendatang” Ujar Thomas seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/1/2015).
 
Oleh karena itu, dirinya memprediksi banyak orang diseluruh dunia akan berencana untuk mengunjungi daerah-daerah yang akan dilintasi oleh Gerhana matahari total ini.
 
“bisa dipastikan para pemburu GMT seluruh dunia sudah merencanakan mengunjungi mengunjungi daerah-daerah yang dilintasinya.” tambah Thomas.
 
Thomas menuturkan, Gerhana Matahari Total 2016 akan terlihat di Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.
 
Lama Gerhana diprediksi antara 1,5 hinga 3  menit, semakin ketimur maka akan semakin lama. Lapan merilis waktu gerhana matahari total terjadi pada pukul 06.20 Wib, 07,25 WITA, dan 08.36 WIT.