Gambar Meme Bakar Hutan Tidak Merusak Lingkungan Mengemuka di Medsos

Gambar Meme Bakar Hutan Tidak Merusak Lingkungan Mengemuka di Medsos
Sipayo.com – Beragam meme dengan menyertakan foto Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang, Parlas Nababan dengan tulisan “membakar hutan tidak merusak lingkungan hidup karena masih bisa ditanami lagi” kini mengemuka dan beredar luas di media sosial (medsos).

Meme tersebut bermula dari Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang yang menolak gugatan perdata senilai Rp7,9 triliun dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terhadap PT Bumi Mekar Hijau (BMH). Penolakan tersebut sesuai dengan pertimbangan majelis hakim bahwa kebakaran tak merusak lahan karena masih bisa ditumbuhi tanaman akasia.

Seperti diketahui, sidang gugatan perdata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) digelar terhadap PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH) di Pengadilan Negeri Palembang telah digelar sejak sebulan yang lalu.

KLHK menuntut ganti rugi material Rp 2,6 triliun dan biaya pemulihan lingkungan Rp 5,6 triliun atas kebakaran seluas 20.000 hektar di area perusahaan itu pada 2014.  Perusahaan pemasok bahan baku pulp bagi grup perusahaan Sinarmas APP ini dinilai lalai sehingga tak dapat mengendalikan kebakaran sehingga meluas.