Hebat! Indonesia Buat Generator Mini Tenaga Air Keran Rumah

Hebat! Indonesia Buat Generator Mini Tenaga Air Keran Rumah
Sipayo.com – Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang Indonesia berhasil membuat prototipe generator mini penghasil listrik untuk rumah tangga. Hebatnya, sumber engergi generator ini adalah dari air keran rumah.
 
“Sumber energi dari air keran” Ujar Fatah seperti dikutip pada teknotempo, rabu (13/1/2015)
 
Ketiga mahasiswa hebat itu adalah adalah Muhammad Fatahila dari Jurusan Teknik Mesin, Hasan dari Jurusan Visual dan Desain, serta Rosihan Arby Harahap dari Jurusan Teknik Elektro.
 
Generator mini diberi nama Oase, mampu mengasilkan tegangan 5 volt dan daya 1 watt. Artinya generator mini ini mampu menghidupkan lampu khususnya jenis LED.
 
Menurut Fatah, selain menghidupkan lampu LED, generator ini juga mampu menghidupkan lampu jenis neon namun inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC.
 
Generator ini juga dapat dihubungkan ke storage berupa baterai polymer untuk menyimpan energi dan menstabilkan tegangan listrik bila dipergunakan.
 
Saat ini ketiga pemuda ini, masih terus mengembangkan karya mereka agar benar-benar dapat dipergunakan dengan baik seperti mendukung home made energy. Serta bisa dikombinasikan dengan energi terbarukan.
 
Karya ketiga pemuda ini meraih peringkat ketiga di kontes ational Innovative Product Exhibition Contest (NAPEC) 2015 digelar Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.
 
Untuk membuat satu Oase dibutuhkan dana sebesar Rp. 120 ribu dan waktu pembuatan selama dua pekan. Anda tertarik ???