Identitas Pria Pelaku Teror Bom Sarinah Ini Telah Terungkap

Identitas Pria Pelaku Teror Bom Sarinah Ini Telah Terungkap
Sipayo.com – Foto seorang pria pelaku teror bom di Jalan Thamrin, Sarinah, Kamis (14/1/2016) siang kemarin sempat beredar luas di media sosial. Pria tersebut tampak mengenakan baju hitam, serta menggenggam senjata jenis FN. Lalu siapakah sosok pria yang juga tampak mengenakan topi tersebut?

Pemerhati terorisme, Muhammad Jibriel Abdul Rahman telah mengungkapkan identitas pria pelaku teror tersebut. Menurut Rahman, ia adalah Afif alias Sukanim yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat.

Lebih lanjut Rahman mengatakan, Sunakim yang berusia 32 tahun tersebut merupakan anak didik langsung SUlaiman Aman Abdrurahman, yakni orang yang mengklaim sebagai amir Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Asia Tenggara.

Rahman juga mengungkapkan bahwa pemahaman Sukanin ini telah keluar dari jalur Islam atau takfiri. Pemahaman tersebut sudah dikenalkan Aman kepada Sukanin sejak ‘mondok’ di Cipinang. Biasanya pengikut AMan tidak melakukan salat secara bersama dengan orang atau rombongan lain di luar kelompok mereka.

Salah satu contohnya adalah ketika Rahman hendak mengajak Sukanin dan kawan-kawan salat subuh bersama. “Sukanin dan kawan-kawan menolak. Alasannya karena perbedaan waktu salat Subuh. Seolah-olah semua dianggap kafir,” ujarnya.

Sunakim, kata Jibriel, berasal dari Sumedang. Kebanyakan anak buah Aman merupakan anak-anak muda yang masuk penjara akibat kasus kriminalitas. “Dicekoki langsung secara ekstrem. Tidak secara step by step,” katanya.