Ini Penyebab Listirk Wilayah Sumut Mati Total Kemarin

Ini Penyebab Listirk  Wilayah Sumut Mati Total Kemarin
Sipayo.com – Sebagian besar listrik wilayah Provinsi sumatera Utara termasuk Kota Medan mati total pada Minggu (17/1/) kemarin. Adapun penyebabnya adalah putusnya kabel jaringan transmisi listrik sumut.
 
Putusnya kabel transmisi tersebut diakibatkan kebakaran pabrik kayu PT Canang Indah yang berada di antara Tower 3 dan 4.
 
Kabel tersebut merupakan jaringan penghubung belawan-binjei yang menyalurkan pembankit listrik belawan ke sumatera bagian utara. Hal ini membuat seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi.
 
“Kebakaran yang terjadi pukul 18.40 WIB pada pabrik kayu PT Canang Indah yang berada di antara Tower 3 dan 4 mengakibatkan putusnya kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV),” jelas Agung Murdifi, Manajer Senior Public Relations PT PLN (Persero) seperti dikutip pada halaman detikfinance, senin (18/1/2016).
 
Akibat tidak dapat beroperasinya pembangkit listrik belawan, maka sistem kelistikan yang memasok sumut dan aceh padam kecuali gardu induk Inalum dan GI Sei Rotan.
 
 
Saat ini Pihak PLN sudah melakukan penormalan bertahap, dan diharapkan listik di seluruh wilayah sumut pada hari ini kembali normal.