Ini Tips Dasar Berinvestasi Yang Wajib diketahui

Ini Tips Dasar Berinvestasi Yang Wajib diketahui
Sipayo.com – Saat ini banyak sekali pilihan investasi yang ditawarkan oleh pasar. Setiap jenis investasi pastilah memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda pula.
 
 
Sebelum melakukan investasi ada beberpa hal yang mendasar yang wajib diketahui oleh anda, agar anda mampu meminimalkan kerugian yang bisa saja anda alami.
 
Dilanasir dari kontan, Selasa (26/1/2016) Perencana Keuangan Eko Endarto menjelaskan bahwa investor selalu untuk berkaca pada horizon investasi masing-masing, baru menyesuaikan instrumen investasi dalam portofolio mereka.
 
Investor jangka pendek kurang dari setahun, sebaiknya beinvestasi di obligasi negara ritel maupun sukuk ritel. Selain itu invesatasi reksanan pendapatan juga dapat dijadikan pilihan alternatif.
 
Investor yang hendak melindungi nilai atas dananya, dapat berinvesatasi pada dollar AS, namun temponya hanya 6 bulan hingga setahun.
 
Investor yang hendak berinvestasi dalam jangka tiga hingga lima tahun dapat berinvestasi di  emas, reksadana pendapatan tetap, reksadana terproteksi, hingga reksadana campuran.
 
Investor yang hendak berinvestasi diatas jangak lima tahun, sebaiknya bermain pada efek saham. Sektor saham yang menjadi pilihan adalah konsumer, kesehatan, properti dan infrastruktur.