Inilah Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil

Inilah Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil
Sipayo.com – Virus Zika, yakni virus yang kini tengah menjadi momok dan menakutkan bagi warga Amerika Selatan. Virus ini dapat menular yang disebarkan oleh nyamuk sebagaimana penyakit demam berdarah dan malaria.

Lalu mengapa virus zika begitu ditakuti dan tengah menjadi isu di dunia internasiona? Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber yang layak dipercaya, virus ini disebut-sebut dapat merusak otak kepala janin dengan cara membuat penyusutan ukuran tengkorak kepala.

Pada awalnya virus ini berasal dari Uganda, dan kini telah menyebar ke seluruh negara Amerika Selatan. Salah satu negara yang paling terpukul akibat virus zika adalah Brasil. Pemerintah BRasil memperkirakan terdapat 1,5 juta kasus baru virus Zika sejak bulan Mei 2015 silam.

Secara umum, gejala infeksi virus zika terhadap orang dewasa dan anak-anak hanya bersifat ringan, bahkan cenderung tidak berdampak. Berbeda halnya ketika virus ini menginfeksi janin yang belum lahir melalui ibu hamil, maka sebagai dampaknya bayi dapat lahir dengan kondisi yang disebut microcephaly (menyusutnya otak).

Infeksi ini akan menjadi hal yang fatal karena menyebabkan kerusakan otak seumur hidup. Dengan demikian virus zika dianggap sangat berbahaya ketika menginfeksi ibu hamil, karena dapat pula berdampak terhadap janin yang terdapat dalam kandungan.

Kini masyarakat Brasil sengan cemas dan ketakutan dengan teror virus zika. Bahkan ahli medis di negara tersebut tengah melakukan berbagai upaya dan langkah yang belum pernah dicoba sebelumnya, yaitu dengan merekomendasikan para wanita agar menunda kehamilan.

Hingga kini belum ditemukan vaksin atau obat untuk mencegah dan mengobatai infeksi virus zika. Sebagai satu-satunya jalan adalah menghindari terkena gigitan nyamuk yang dapat menularkan virus tersebut.