Inilah Masjid tertua di kabupaten Karo

Inilah Masjid tertua di kabupaten Karo
Sipayo.com – Dibangun pada tahun 1902 dan selesai pada tahun 1904 membuat masjid ini menjadi masjid tertua di kabupaten karo. Masjid Lama itulah nama masjid tersebut.
 
Masjid Lama terletak di Jalan Masjid, Kelurahan Lau Cimba, Kabanjahe. Masjid ini  menjadi salah satu jejak sejarah penyebaran agama islam di Bumi Turang.
 
Dilansir dari detik, Jumat (8/1/2016), sejarah Masjid Lama ini didirkan oleh pedagang islam yang datang ke Kabanjahe khususnya dari Aceh. Niat untuk memabangun masjid keran belum ada satupun masjid di Kabanjahe pada saat itu untuk tempat mereka sholat.
 
Biaya pembangunan Masjdi ini dibantu oleh Sultan Langkat. Masjid ini dibangun dari kayu dengan desain arsitek melayu. Masjid terdiri dari dua ruangan dengan pintu terpisah.
 
Sebelah kiri  ruang ibadah kaum pria, sedangkan di sisi kanan ruang ibadah wanita. Didalam masjid ini terdapat 3 Al-quran berukuran besar.
 
Setelah berdirinya Masjid Agung Kabanjahe di Jalan Veteran, Populira  Masjid Lama relatif berkurang, namun Masjid ini merupakan tempat ibadah yang tetap menjadi sebuah bukti sejarah.