Korupsi 6 Milyar, Dua Pejabat USU Ditahan Kejati Sumut

Korupsi 6 Milyar, Dua Pejabat USU Ditahan Kejati Sumut
Sipayo.com – Dua orang pejabat Universitas Sumatera Utara (USU),  Binca Wardani Lubis dan Desi Nurul ditahan Kejaksaan tinggi Sumatera Utara terkait dugaan korupsi uang kuliah program pasca sarjana senilai Rp. 6 Milyar.
 
Kedua pejabat ini digelandang ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA Tanjung Gusta Medan. Sebelumnya, kedua orang ini menjalani pemeriksaan sejak pagi, dan menjalani tes kesehatan di klinik kejaksaan.
 
Dilansir dari okezone, selasa (26/1/2016) Kasidik Kejati Sumut, Novan Hadian mengatakan bahwa pihak kejakasaan melakukan penahanan hingga 30 hari kedepan untuk mempermudah proses penyidikan.
 
“Setelah dilakukan pemeriksaan dan untuk mempermudah proses penyidikan. Kita melakukan penahanan terhadap dua tersangka tersebut untuk 30 hari ke depan,”  Ujar Novan.
 
Menurut NOvan, Binca dan Desi dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 2 dan 3 jo Pasal 18 UU 31/1999 tentang Tipikor sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.
 
Kedua tersangka dituduh korupsi karena uang kulian yang dibayar mahasiswa tidak disetorkan ke rektorat USU. Agar mahasiswa tersebut tetap dapat mengikuti ujian, keduanya menggunakan bukti pembayaran palsu.
 
Pihak kejaksaan, mengetahui perbuatan Binca dan Desi dari laporan Biro Rektor USU. Kejaksaan sudah memerikasa Rektorat USU, Subag Tata Usaha Program Magister Manajemen (MM), sekrataris Program Magister Manajemen dan Direktur Pasca Sarjana.