Majalah Pria Dewasa FHM Akhirnya Berhenti Terbit

Majalah Pria Dewasa FHM Akhirnya Berhenti Terbit
Sipayo.com – Menjadi salah satu majalah khusus pria yang cukup terkemuka selama kurun 31 tahun terakhir, akhirnya majalah FHM asal Inggris berhenti terbit. Cetakan penutup majalah bulanan yang mengulas tentang gaya hidup kaum adam itu keluar pada Kamis (7/1/2016).

Dalam edisi terakhirnya, majalah FHM menampilkan sampul foto Holly Willoughby, seorang presenter televisi asal Inggris. Tidak ketinggalan di dalam halaman wajah majalah tersebut turut tertulis kata-kata perpisahan. “Keluaran terakhir, 1985-2016. Selamat tinggal,” demikian tulisan tersebut.

Sebelumnya di acara televisi ITV2, Holly Willoughby sempat menginformasikan bahwa fotonya akan tampil di edisi terakhir majalah FHM.

“Inilah akhir sebuah era dan menjadi bagian edisi terakhir, adalah suatu kehormatan (bagi saya). Kami tumbuh bersama, tapi kini, dengan berat hati, saatnya mengucapkan selamat tinggal,” ujar perempuan 34 tahun yang pernah menjadi model majalah FHM pada tahun 2008 tersebut.

Pada masa kejayaanya, majalah FHM pernah mencapai oplah sebanyak 775.000 eksemplar setiap tersebit. Sebagaimana dilaporkan The Guardian, sirkulasi majalah tersebut kini semakin turut drastis hingga dibawah 100.000 eksemplar sejak tiga tahun terakhir.

Akhir perjalanan FHM itu menandai senja kala penerbitan majalah yang menyuguhkan kemolekan tubuh wanita. Dua bulan lalu, penerbit Bauer Media sudah mengumumkan bahwa FHM dan majalah panas Zoo akan berhenti beredar. Zoo mencetak lembar penghabisan pada Desember 2015 atau 11 tahun sejak terbit perdana.

Penerbit majalah itu menyebutkan bahwa penutupan dilakukan karena sulitnya kondisi pasar majalah khusus pria. Perubahan perilaku pembaca, yang lebih suka internet dan media sosial, menjadi salah satu alasan pelanggan meninggalkan media kertas.

Dua tahun lalu, majalah Nuts dan Front juga mengakhiri tarikan napasnya setelah 10 tahun beredar di Inggris. Pada Maret 2015, majalah Loaded memilih hijrah ke versi online setelah 21 tahun menyapa pembaca dalam edisi cetak.

Kondisi serupa juga dialami di Amerika Serikat. Majalah Playboy edisi Januari/Februari 2016 dengan foto sampul Pamela Anderson menjadi keluaran terakhir yang menampilkan model bugil. Selanjutnya, majalah berumur 62 tahun itu menyudahi konten foto-foto wanita tanpa busana. (Baca: Playboy Akan Berhenti Memuat Foto Model Tanpa Busana)