Mendagri: E-KTP Berlaku Seumur Hidup

Mendagri: E-KTP Berlaku Seumur Hidup
Sipayo.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa E-KTP berlaku seumur hidup. Walau ada tanggal kadaluarsa, E-KTP tersebut tetap dapat digunakan walau masa berlaku habis.
 
Menteri dari PDIP ini juga menegaskan bahwa bagi masyarakat yang masa berlaku e-ktp-nya habis tidak perlu mengurus masa perpanjangan, karena KTP tersebut tetap dapat digunakan.
 
Jadi bagi Anda yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi. Karena e-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan, meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluarsanya,” kata Tjahjo  seperti dikutip pada kompas, Sabtu (30/1/2016)
 
Tjahjo Kumolo juga menghibau kepada seluruh masyarakat yang sudah memiliki e-KTP tidak perlu kuatir ditolak sewaktu razia maupun mengurus surat-surat penting, walaupun masa berlaku e-ktp sudah habis.
 
Kementerian dalam negeri, sudah mengirimkan surat edaran keseluruh kementerian dna lemabaga serta seluruh kepala daeraha untuk mengingatkan bahwa e-KTP berlaku seumur hidup.
 
Hal ini sesui dengan amanat U 24/2013 yang tertuang dalam pasal 64 ayat 7a yang mengamanatkan e-KTP masa berlakunya seumur hidup.