Pemerintah Eritrea Wajibkan Pria Menikahi Dua Istri

Pemerintah Eritrea Wajibkan Pria Menikahi Dua Istri
Sipayo.com – Pemerintah Eritrea, yakni sebuah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika meminta kepada seluruh warga negara yang berjenis kelamin pria untuk menikah lebih dari satu istri. Bila hal tersebut tidak dituruti akan dikenakan resiko penjara seumur hidup.

Hal tersebut terkandung dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Arab oleh Mufti, yaitu pejabat tertinggi dalam bidang hukum dan agama negera tersebut. Salinan pernyataan tersebut kini tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial, yang dimulai sejak Kamis pekan lalu.

Dalam pernyataan tersebut, Pemerintah Eritrea menyerukan semua pria di negara itu untuk menikahi setidaknya dua istri dan pemerintah meyakinkan mereka akan dibayar biaya pernikahan, serta akan disediakan rumah.

Kebijakan tersebut dibuat Pemerintah Eritrea karena telah terjadi kekurangan pria secara masif di negara itu akibat perang sipil yang berkepanjangan dengan Ethiopia.

Sebagaimana dilansir afkinsider.com, dalam dokumen yang dikeluarkan Pemerintah Eritrea yang belum dapat diverifikasi kebenarannya secara independen, memperingatkan bahwa setiap pria atau wanita yang menentang keputusan tersebut akan menghadapi hukuman seumur hidup.

Dalam dokumen dalam bahasa Arab tersebut menyebutkan berdasarkan hukum Allah dalam poligami, dan mengingat keadaan negara yang mengalami kekurangan jumlah pria, maka Departeman Agama telah memutuskan sebagai berikut:

“Pertama bahwa setiap pria akan menikah setidaknya dua wanita dan pria yang menolak untuk melakukannya harus dikenai hukuman penjara seumur hidup.”

“Wanita yang mencoba untuk mencegah suaminya menikahi istri lain dipidana penjara seumur hidup.”

Sebagaimana diketahui, lebih dari 150.000 tentara Eritrea tewas selama perang pemisahan diri dari Ethiopia antara tahun 1998 hingga tahun 2000. Pada saat ini Eritrea memiliki jumlah penduduk sekitar empat juta jiwa.