Tarif Listrik Akan Turun Mulai Februari 2016

Tarif Listrik Akan Turun Mulai Februari 2016
Sipayo.com – Ada kabar gembira bagi rakyat Indonesia, sebab pada bulan Februari 2016 mendatang PT Perusahaan Listri Negara (PLN) berencana akan menurutkan tarif listrik menyusul harga minyak yang terus menurun.

Penurunan tarif listrik tersebut akan berlaku untuk 12 golongan atau golongan tarif non subsidi. Meski demikian, hingga saat ini, PLN Masih melakukan penghitungan penururan tarif tersebut.

Terkait rencana penuruan tarif listrik tersebut, Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, untuk menurunkan tarif listrik pada Februari nanti, PLN akan memakai tiga indikator, yaitu ICP, kurs dolar, dan inflasi.

Ketiga indikator tersebut dianggap saling berkaitan dalam perhitungan tarif adjustment yang ditetapkan oleh PLN setiap bulannya.

“Soal berapa persennya penurunan tarif Februari 2016, kita tunggu pengumuman 1 Februari 2016 nanti,” kata agung sebagaimana dikutip dari Kontan, Minggu (24/1/2016).

Meski demikian, Agung menyatakan belum bisa membocorkan berapa persen penurunan tarif listrik itu nantinya. Namun yang pasti penurunan tarif yang akan dilakukan tidak akan membuat kinerja PLN menjadi buruk. “Kinerja PLN akan tetap oke,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya pada bulan Januari 2016 lalu, PLN juga telah menurunkan tarif listrik untuk 12 golongan non subsidi, yakni tarif Rumah Tangga daya 1.300 Volt Ampere (VA) dari Rp 1.509,38 per kilo Watt hour (kWh) pada bulan Desember 2015, menjadi Rp 1.409,16 pada Januari 2016.