Temuan Baru, Ternyata Kapasitas Memori Otak Manusia 1 Petabyte

Temuan Baru, Ternyata Kapasitas Memori Otak Manusia 1 Petabyte
Sipayo.com – Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia penelitan, kali ini para peneliti menemukan bahwa ternyata kapasitas otak manusia 10 kali lebih besar dari yang pernah dipikirkan sebelumnya yakni hanya 1 juta gigabyte.
 
 
Dilansir dari Time Tech, rabu (27/1/2016) Peneliti dari Salk Institute menemukan bahwa otak manusia ternyata memiliki kapasitas memori setidaknya 1 petabyte atau setara dengan 10 juta gigabyte.
 
 
Dengan besaran kapasitas seperti itu, maka otak manusia sama dengan dengan kapasitas internet saat ini. Luar biasa bukan ?
 
 
Menurut Terry Sejnowski, salah seorang peneliti dari Salk Intitute mengatakan bahwa penemuan ini adalah hal yang mengejutkan bagi ilmu pengetahuan khususnya bidang neurosains.
 
“Ini adalah sebuah kabar yang mengejutkan di bidang neurosains,” ujar Terry
 
Para peneliti terlebih dulu melakukan penelitian pada hippocamus (pusat memori)dari otak seekor tikus untuk mengetahui kapasitas memori dari sinapsisnya.
 
Diketahui bahwa sinapsis dapat memiliki ukuran yang berbeda dan dapat bertambah setidaknya 8 persen. Dari informasi itu, dimungkinkan ada sekitar 26 kategori ukuran sinapsis.
 
Jumlah kategori sinapsis yang tak terduga itu kemudian membawa pada kesimpulan bahwa potensi kapasitas memori otak manusia ternyata lebih hebat dari yang diketahui sebelumnya.