Wali Kota New York Ucapkan Sumpah Pakai Bahasa Indonesia Saat Dilantik

Wali Kota New York Ucapkan Sumpah Pakai Bahasa Indonesia Saat Dilantik

Sipayo.com – Momen langka dan unik terjadi saat pengambilan sumpah jabatan Walikota Somersworth, New Hampshire, Dana S Hilliard di City Hall Somersworth, New York, Amerika serikat, Kamis (7/1/2016). Pasalnya, dalam kesempatan tersebut, untuk pertama kalinya pembacaan ikrar setia wali kota dilakukan dalam bahasa Indonesia.
Dalam acara pelantikan tersebut, turut hadir Konsul Pensosbud KJRI New York, Benny YP Siahaan yang bertindak mewakili Indonesia di KJRI New York sebagai tamu undangan khusus. Benny menyebutkan, Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan negara asing yang hadir pada acara itu.
“Begitu dekatnya hubungannya dengan Indonesia, Wali Kota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) dilakukan menggunakan bahasa Indonesia, selain dalam bahasa Inggris dan Perancis,” ujar Benny, Sabtu (9/1/2016).
Pembacaan janji setiap berbahasa Indonesia tersebut dilakukan oleh seorang pelajarkelas menengah di Somerworth. Pelantikan tersebut merupakan periode kedua bagi Hilliard menjabat sebagai Wali Kota.
Hilliard sendiri dikenal sebagai pribadi yang supel, terbuka, serta mendukung toleransi dan keragamanan budaya di kota tersebut. Dalam pidatonya Hilliard juga turut mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Somersworth atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin kembali kota tersebut.