Adrianus Meliala dilantik Jadi Anggota Ombudsman RI

Adrianus Meliala dilantik Jadi Anggota Ombudsman RI
 
Sipayo.com – Presiden Joko Widodo melantik 9 anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) di Istana Negara, Jumat (12/2/2016). Salah satu anggota Ombudsman yang ikut dilantik adalah Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M. Sc., Ph.D.
 
Adrianus Eliasta Meliala dilantik bersama 8 orang lainnya yakni 1. Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D. (Calon Ketua), Lely Pelitasari Soebekty, S.P., M.E. (Calon Wakil Ketua), Ahmad Alamsyah Saragih, S.E., Ahmad Su’adi, M.Hum., Alvin Lie Ling Piao, M.Si., Dadan Suparjo Suharmawijaya, S.IP., M.IP., Dr. Laode Id, Hj. Ninik Rahayu, S.H., M.S.
 
Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M. Sc., Ph.D. merupakan seorang Guru besar dan juga Ketua Dewan Guru Besar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia.
 
Saat ini pria yang akrab disebut Adrianus Meliala ini juga masih mejabat sebagai  anggota Komisi kepolisian nasional sejak 2012 lalu.
 
Ombudsman Republik Indonesia (disingkat ORI) sebelumnya bernama Komisi Ombudsman Nasional adalah sebuah lembaga negara yang memiliki kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh negara dan pemerintah maupun swasta.
 
Termasuk juga Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
 
Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008