Anak Dibawah 17 Tahun Wajib Punya Kartu Identitas, Ini Tujuan Pemerintah

Anak Dibawah 17 Tahun Wajib Punya Kartu Identitas, Ini Tujuan Pemerintah
KIA bertujuan untuk  meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara
 
Sipayo.com – Mulai tahun 2016, setiap anak dibawah umur 17 tahun wajib memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.
 
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.
 
Adapun tujuan KIA adalah meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.
 
KIA diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota yang diberikan dalam dua jenis yakni untuk anak yang berusia 0 sampai dengan 5 tahun dan berusia 5 sampai dengan 17 tahun.
 
Untuk tahun ini penerapan KIA akan dilakukan di 50 kabupaten/ kota. Anggarannya untuk penerbitan KIA akan menggunakan dana dari APBN.
 
Penelusuran sipayo.com jumat (12/1/2016) pada situs resmi Kementertian dalam Negeri kemendagri.go.id dan situs resmi Ditjen Dukcapil, belum ada informasi yang memuat daftar kota/kabupaten mana saja yang mendapatkan program KIA tersebut.