Anthony Ginting Gemilang, Indonesia Juara Kualifikasi Piala Thomas

Anthony Ginting Gemilang, Indonesia Juara Kualifikasi Piala Thomas
Sipayo.com – Tim Indonesia akhirnya memastikan diri menjadi juara turnamen kualifikasi Piala Thomas setelah berhasil mengalahkan Jepang di partai final dengan skor 3-2 pada pertandingan yang berlangsung di Hyderabad, India, Minggu (20/2/2016) malam.

Ihsan Maulana Mustofa yang turun pada partai pertama tidak mampu membuka keunggulan. Ihsan harus menyerah kalah dari tunggal putra andalan Jepang, Kento Mamota 17-21, 7-21.

Pada partai kedua, pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi berhasil mengalahkan ganda Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dalam tiga game 22-20, 14-21, dan 21-17.

Tunggal putra kedua Indonesia Anthony Ginting yang turun pada partai ketiga juga berhasil mengalahkan dengan mudah Sho Sasaki yang merupakan pemain peringkat 22 dunia dengan skor 21-7 dan 21-16.

Dengan kemenangannya kali ini, sekaligus memastikan Ginting menyapu bersih enam pertandingan yang dilakoninya selama turnamen kualifikasi Piala Thomas berlangsung. Kemenangan Ginting juga sekaligus menjadikan Indonesia kembali berbalik unggul atas Jepang dengan skor 2-1. (Baca: 
Ketua PBSI Gita Wirjawan Puji Performa Anthony Ginting
)

Jepang kembali mengejar Indonesia, saat pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda berhasil menaklukkan Angriawan/Rian Agung Saputro 21-16, 21-15 pada pertandingan partai keempat.

Pada pertandingan penentu, Jonathan Christie yang turun pada partai terakhir akhirnya berhasil membuktikan kehebatan tim Indonesia atas tim Jepang. Jonatan menang atas Kenta Nishimoto 14-21, 21-19, dan 21-13.

Berhasil merebut juara dalam turnamen di Hyderabad, India sekaligus memastikan tim Thomas Indonesia lolos ke turnamen final Piala Thomas-Uber yang akan berlangsung di Kunshan, Tiongkok, pada 15-22 Mei 2016 mendatang.