Apa itu Gerakan LGBT ? Ini Pengertian dan Sejarah Singkatnya

Apa itu Gerakan LGBT ? Ini Pengertian dan Sejarah Singkatnya
Sipayo.com – Pengertian Gerakan LGBT adalah gerakan kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender yang disingkat dengan GLBT. istilah GLBT ini mulai digunakan sejak 1990-an.
 
Dilansir dari wikipedia, Selasa (2/2/2016) tujuan dari LGBT adalah untuk enekankan keanekaragaman “budaya yang berdasarkan identitas seksualitas dan gender”.
 
Sebelum revolusi seksual pada tahun 1960-an, tidak ada kosakata non-peyoratif untuk menyebut kaum yang bukan heteroseksual. Istilah terdekat, “gender ketiga”, telah ada sejak tahun 1860-an, tetapi tidak diterima banyak orang.
 
Istilah pertama yang banyak digunakan, “homoseksual”, dikatakan mengandung konotasi negatif dan cenderung digantikan oleh “homofil” pada era 1950-an dan 1960-an, dan lalu gay pada tahun 1970-an.
 
Frase “gay dan lesbian” menjadi lebih umum setelah identitas kaum lesbian semakin terbentuk Pada tahun 1970.
 
Pada tahun 1988, istilah LGBT sudah mulai terkadang digunakan di Amerika, berkembang dan sudah banyak digunakan pada tahun 1990-an. Walau masih menui kotroversi dari kelompok-kelompok yang berbeda, istilah ini dipandang lebih positif dan dianggap secara umum mewakili komunitas yang tidak disebutkan.
 
Di Indonesia, Aktivitas LGBT masih menui pro dan kontra, namun sejauh ini Indonesia masih belum melarang ataupun mengkriminalisasi aktivitas ini. Namun, dibeberapa daerah seperti Aceh dan Kota Palembang sudah mulai melarang aktivitas ini dengan Peraturan daerah.
 
Pada tahun 2003 sudah pernah diajukan rancangan undang-undang untuk mengkriminalisasi homoseksualitas, beserta dengan hidup bersama di luar ikatan pernikahan (kumpul kebo), perzinahan dan praktek sihir, namun gagal disahkan. Dan hingga saat ini belum ada rancangan undang-undang serupa.