Bagaimana Membuat Ingatan Tetap Tajam ? Lakukan Cara Berikut Ini

Bagaimana Membuat Ingatan Tetap Tajam ? Lakukan Cara Berikut Ini
Sipayo.com – Otak dapat dikatakan sebagai pusat ingatan seseorang, bila otak tetap sehat maka seseorang pasti memiliku ingatan yang tajam. Otak merupakan salah satu organ terpenting bagi manusia yang berfungsi sebagai pusat kendali tubuh.
 
 
Namun, sering sekali kita merasakan bahwa diri kita mudah lupa, atau ingatan kita tidak lagi begitu tajam. Hal ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh faktor usia yang semakin tua, tapi dapat juga karena adanya kerusakan pada otak.
 
 
Dihimpun dari berbagai sumber, senin (1/2/2016) berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak mudah lupa atau ingatan kita tetap tajam.
 
1. Lakukan aktivias fisik/Olahraga
Profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Johns Hopkins University School, Dr. Paul B. Rosenberg mengatakna bahwa banyak penelitian mengungkapkan aktivitas fisik yang rutin mampu melindungi sel-sel otak dengan baik.
 
Penelian juga menunjukna bahwa orang yang terlalu banyak duduk mengakibatkan penyusutan hipokampus dibandung yang selalu berolagraga.
 
2.Konsumsi minyak zaitun.
Mengkonsumi minyak zaitun beberapa sendok setiap hari akan bermanfaat agar kita lebih cepat berpikiri dan melakukanya lebih baik.
 
3. Konsumsi Ikan
Dengan kandungan Omega 3 yang ada pada ikan, maka tentu mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan otak. Makan ikan dua kali seminggu dapat menunda gejala penurunan fungsi otak.
 
 
4. Membaca dan Menuliu
Dengan rutin membaca dan menulis, maka memori atau ingatan anda akan semakin baik. Karena sudah terlatih.
5. Kurangi minuman beralkohol
Sebuah studi neurology mengungkapkan bahwa sesorang yang mengkonsumsi lebih dari dua gelas alkohol setiap hari akan mempercepat proses kehilangn ingatan hinga hampir 6 tahun.
 
6. Kontrol gula darah
Studi yang dipublikasikan annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang dengan diabetes atau bahkan pra-diabetik pada usia 50-an lebih mungkin untuk mengalami penurunan kognitif dari mempunnyai kadar gula darah yang normal.
 
7. Tetap sibuk/Kehidupan sosial
Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang tetap memiliki kognitif tajam hingga usia tua adalah orang-orang yang selalu aktif bergaul dan memiliki kehidupan sosial yang baik.