DPR Menuding Penenggelaman Kapal Itu Pencitraan

DPR Menuding Penenggelaman Kapal Itu Pencitraan

Sipayo.com – Senin kemarin (22/2/2016) kembali digelar penenggelaman 31 kapal ikan di lima daerah berbeda di Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat menegaskan peristiwa pengeboman dan penenggelaman kapal ilegal yang dilakukan oleh Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pidjiastuti, bertentangan dengan Undang-undang pelayaran dan Internatonal Maritime Organization.

Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo Soekartono mengatakan bahwa pengeboman kapal ilegal bertentangan dengan UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dan peraturan International Maritime Organization yang sudah diratifikasi Indonesia.

“Pemerintah harusnya bijaksana dalam membuat suatu keputusan, jangan sembarangan atau pencitraan. Penegakkan aturan jangan sampai merugikan kita sendiri, harus dipikirkan dampak dari sampah kapal yang berserakan di laut, ” katanya seperti dikutip dari bisnis.com (25/2/2016).

Dia menyayangkan menenggelamkan kapal ikan ilegal yang dikomandoi oleh Mentri Susi Pudjiastuti, itu justru didukung oleh instansi lain seperti Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan TNI Angkatan Laut.

Menurutnya, tugas kementrian yang dipimpin oleh Mentri Susi Pudjiastuti ini adalah memberdayakan kekayaan laut, membantu nelayan mendapatkan lokasi ikan, menginformasikan potensi laut atau ancaman terhadap kekayaan laut kepada pihak berwenang.