GMP-SU Desak Penetapan Komisaris Utama Bank Sumut

GMP-SU Desak Penetapan Komisaris Utama Bank Sumut
Sipayo.com – Belasan massa yang menyatakan diri dari Gerakan Mahasiswa Peduli Sumatera Utara (GMP-SU) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara dan dilanjutkan di depan Kantor DPRD Sumut, Selasa (16/2/2016) siang.

Dalam orasinya GMP-SU meminta Komisi C DPRD Sumut untuk segera memanggil jajaran direksi PT Bank Sumut untuk dimintai keterangannya terkait write off (hapus buku) sebesar Rp 325 miliar yang kini telah mengundang keresahan ditengah-tengah masyarakat Sumut.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Bank Sumut merupkan Bank/Lembaga Keuangan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, dimana hal ini ditunjukkan dengan kepemilikan saham 100 persen Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. Namun akhir-akhir ini telah timbul keresahan masyarakat mengingat buruknya kinerja Direksi Bank Sumut. Hal ini tampak dari kasus write off sebesar Rp 325 miliar,” ujar Gema Kristo Tarigan selaku Pimpinan aksi GMP-SU.

Selain itu, GMP-SU juga turut meminta agar Plt Gubernur Sumatera Utara mengevaluasi kinerja Direksi Bank Sumut sekaligus segera menetapkan Komisiaris Utama melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Melalui RUPS seharusnya dijelaskan kapan terjadi kredit macet sehingga harus terjadi write off, apa penyebabnya dan siapa saja debiturnya. Oleh sebab itu pemegang saham harus mempertanyakan. Dan yang sangat menganehkan, dalam penentuan write off ini disaat Bank SUMUT tidak memiliki Komisaris Utama,” ujar Rio Gurky selaku Koordinator Lapangan aksi.

GMP-SU juga menyebutkan bahwa write off yang terjadi ketika ketiadaan Komisaris Utama di Bank SUMUT merupakan pelanggaran Undang-Undang dan Peraturan Bank Indonesia.

“Write off yang terjadi pada saat ketiadaan Komisiaris Utama di Bank Sumut merupakan pelanggaran Undang-Undang dan Peraturan Bank Indonesia, dimana Dewan Komisiaris terdiri dari dua unsur, yaitu Komisaris Utama dan Komisaris Independen,” ujarnya.

Ketiadaan Komisaris Utama di Bank SUMUT juga dinilai telah berdampak terhadap memberuknya kinerja Bank kebanggan warga Sumatera Utara tersebut. Hal tersebut terlihat dari terjadinya berbagai persoalan di internal Bank SUMUT.

“Oleh sebab itu kami dari GMP-SU meminta kepada Plt Gubsu dan juga kalangan DPRD Sumut agar segera mengevaluasi kinerja Direksi Bank Sumut, serta menetapkan Komisaris Utama Bank Sumut melalui RUPS,” ujar Rio.