Gunung Sinabung Kembali Menggeliat

Gunung Sinabung Kembali Menggeliat
Sipayo.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Selain kerap menyemburkan awan panas, muntahan lava pijar gunung tersebut juga kerap terlihat ketika pada saat malam hari.

Mengemukanya geliat Gunung Sinabung dalam kurun sepekan terakhir dapat terlihat dari foto-foto yang diunggah para relawan Sinabung di Facebook grup Komunitas Beidar Sinabung. Dari informasi yang kerap dipublikasikan kalangan relawan tersebut, diketahui bahwa Gunung Sinabung kerap mengalami erupsi sejak akhir Januari 2016 lalu.

Erupsi terakhir terjadi pada 7 Februari 2016 sekitar pukul 00.42 WIB. Tidak hanya mengeluarkan awan panas, namun berdasarkan rekaman kamera para relawan tampak lava pijar gunung api yang telah aktif erupsi sejak tahun 2010 ini juga turut terlihat.

Sebagaimana dijelaskan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pertengahan Januari 2016 lalu, menyebutkan bahwa Gunung Sinabung akan terus meletus hingga 4 tahun mendatang.

Dengan demikian, pemerintah berecana akan kembali merelokasi 1.683 kepala keluarga yang tinggal di zona merah Sinabung. “Diperkirakan Gunung Sinabung masih akan terus meletus 4 tahun ke depan, 1.683 KK menunggu relokasi tahap 2,” kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun twitternya, Senin (18/1/2016).