Jokowi Beberkan Kunci Menghadapi Persaingan Ekonomi Global

Jokowi Beberkan Kunci Menghadapi Persaingan Ekonomi Global

Sipayo.com – Kunci untuk mengatasi persaingan ekonomi global adalah dengan meningkatkan fasilitas infrastruktur di seluruh Indonesia dan sebagian sudah dimulai dibeberapa daerah.

baca juga (Jokowi Terbitkan Perpres Olah Sampah Jadi Listrik)

 
Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato pada acara MUKERNA Partai Kebangkitan Bangsa di iBalai Sidang Jakarta (JCC) pada Jumat (5/2) kemarin malam.
 
Presiden Jokowi ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemiskinan dan kesenjangan. Maka pemerintah memutuskan untuk membangun infrastruktur guna menciptakan biaya transportasi dan logistik yang lebih murah di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga (Jokowi Perintahkan Menteri Untuk Kembangkan Danau Toba Jadi Destinasi Berstandar Internasional)

 
Karena dengan infrastruktur yang baik akan dapat menurunkan harga seluruh produk yang didistribusikan di Indonesia. Selain itu, arus barang lokal juga menjadi lebih lancar dan bahkan dapat memasuki pasar di luar negeri, khususnya wilayah Asia Tenggara.
 
Sebagian pembangunan infrastruktur itu sudah dimulai seperti jalan tol Lampung-Palembang, pelabuhan besar di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, serta jalan kereta api di Pulau Papua dan Kalimantan.
 
Infrastruktur adalah pondasi dan merupakan kebutuhan dalam rangka bersaing dengan negara-negara lain. Untuk itu, Presiden dan para menteri akan terus melakukan pantauan langsung dan memeriksa progres pembangunan.
 
“Tugas saya bukan ‘ground breaking’ tapi kontrol semua pekerjaan di lapangan,” tegas Presiden.