Jokowi Terbitkan Perpres Olah Sampah Jadi Listrik

Jokowi Terbitkan Perpres Olah Sampah Jadi Listrik
Sipayo.com – Presiden Joko Widodo tampak sangat serius dengan program pengelolaan sampah menjadi sumber energi listrik. Pasalnya, dirinya akan segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum bagi Kementerian Lembaga (KL) dan pihak terkait lainnya agar langsung melaksanakan program ini.
 
 
Keputusan ini diambil oleh Presiden Jokowi saat melakukan Rapat pembahasan pengelolaan sampah menjadi sumber energi listrik untuk kali ketiga. Pada rapat yang berlansung satu setengah jam tersebut, Jokowi menginginkan rapat tersebut sebagai rapat pembahasan terakhir.
 
 
Hasilnya, Rapat tersebut menghasilkan Peraturan Presiden (Perpres) dengan tujuh daerah sebagai proyek percontohan yakni Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar.
 
Dalam konfrensi Pers di Kantor Presiden, Jakarta Jumat (5/2/2016),  Sekretaris Kabinet Pramono Anung  menyebutkan ada 7 kota yang akan menjadi proyek percontohan.
 
“7 kota ini persoalan sampah yang selama ini menjadi persoalan yang sangat serius bagi kota besar di seluruh Indonesia akan tertangani,” Ujar Pramono
 
Ketujuh kota ini dinilai memiliki persoalan yang sangat serius terkait pengelolaan sampah, sehingga dijadikan sebagai proyek percontohan, Sedangkan Solo ikut, nantinya dijadikan sebagai contoh untuk kota menengah.
 
6 kota besar tersebut diata diketahui memproduksi sampah sampai dengan 1.000 ton per hari, kecuali Solo dengan produksi 250 ton per hari.
 
Sementera itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan Perpres segera diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo.
 
“Para menteri terkait sudah menandatangani, dan sekarang sudah berada di meja Presiden Jokowi” Ujar Darmin
 
Menko menilai, Perpres akan mempercepat realisasi pembangkit listrik tenaga sampah. Isinya berisi mulai mekanisme proyek, jenis teknologi hingga tarif. Selain itu dalam Perpres juga diatur tentang kewajiban PLN untuk membeli listrik tersebut.