Memupuk Rasa Kinikaron Generasi Muda agar Karo Kian Mengemuka

Memupuk Rasa Kinikaron Generasi Muda agar Karo Kian Mengemuka
Oleh: Alexander Firdaust Meliala
Sipayo.com – Kinikaron, suatu bentuk kecintaan dan kebanggan terhadap budaya Karo. Beberapa tahun belakangan, semakin banyak generasi muda Karo muncul kepermukaan dengan ciri khas masing-masing dalam rangka menunjukkan Kinikaron.

Kemunculan generasi muda belakangan ini dalam rangka mengemukakan Kinikaron terdiri dari beragam bentuk, seperti musik yang dipadukan aliran musik rock, hip-hip, hingga dangdut, dan hal tersebut dikemukakan tanpa meninggalkan ciri khas musik tradisi yang kental.

Selain dari segi musik, telah bermunculan pula permainan-permainan Karo tradisional Karo terdahulu seperti catur Karo, erpantun, mbayu dan lain sebagainya. Tidak hanya sampai disitu, ada juga comic (stand up komedi) ala Karo, dimana semuanya menggunakan caranya untuk mengenalkan Karo ketengah-tengah budaya heterogen.

Seiring itu, muncul pula beragam produk-produk Karo seperti tas, dombet, syal, dan sebagainya. Semakin menggembirakan rasanya, sebab masyarakat Karo maupun di luar Karo juga tampak turut menerima dengan baik produk-produk buatan generasi muda ini.

Tidak ketinggalan pula beragam kegiatan-kegiatan Kinikaron yang muncul dan berani ditampilkan di luar dari basis masyarakat Karo. Tentu saja kesemuanya ini tidak terlepas dari peran dan keberanian generasi muda serta dukungan dari para orang tua yang merindukan nuansa Kinikaron yang dianggap telah lama kurang mengemuka.

Beragam kreasi terkait Kinikaron yang bermunculan tersebut, mulai musik, permainan, hingga produk-produk tas, dompet, hingga syal tentu kesemuanya bertujuan untuk mengenalkan Kinikaron, sehingga dimaksudkan akan semakin diketahui kalangan masyarakat luas, baik nasional mupun internasional.

Dengan begitu gencarnya gerakan Kinikaron yang mengemuka belakangan, maka tentu sangat diharapkan agar rasa Kinikaron tersebut juga kemudian turut ikut menular bagi kalangan generasi muda Karo lainnya. Dengan demikian harapan agar Suku Karo semakin dikenal secara luas hingga dunia internasional dapat segera tercapai dalam waktu segera.

Ketika pada saat Karo semakin dikenal secara luas, maka dengan demikian harapan akhirnya adalah akan semakin banyak pula orang yang berkunjung ke Taneh Karo Simalem dalam rangka mengenal lebih dekat siapakah orang Karo atau Suku Karo yang sebenarnya. 

Ini tentu masih tetap menjadi tugas berat bagi seluruh masyarakat Karo, khususnya generasi muda.Pada saat Kinikaron di kalangan generasi muda semakin mengemuka, maka tentu hal ini akan terwujud dalam waktu segera. Semoga…
*Penulis adalah Generasi Muda Karo sekaligus pendiri Sipayo.com