Pelantikan Bupati Karo Kemungkinan Juni 2016

Pelantikan Bupati Karo Kemungkinan Juni 2016
Sipayo.com – Meski pemerintah telah menetapkan waktu pelantikan bagi kepala daerah terpilih pada Pilkada 2015 lalu untuk tahap pertama, yakni 12 Februari untuk Gubernur dan Wakil Gubernur, 17 Februari untuk Bupati-Wakil Bupati/Wali Kota-Wakil Wali Kota. Namun, tidak semua kepala daerah dari 269 daerah dilantik pada tahap pertama tersebut.

Sebagaimana diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, kepala daerah yang dilantik pada tahap pertama, yakni daerah yang Pilkadanya sudah selesai proses di Mahkamah Konstitusi (MK) dan akhir masa jabatan (AMJ) Kepala daerah telah berakhir pada Februari 2016.

“Kalau pun telah selesai di MK, tapi bila AMJ-nya belum habis, tidak boleh dikurangi, dilantik sesuai dengan berakhirnya AMJ-nya,” kata Mendagri sebagaimana dikutip dari Republika.co.id, Senin (8/2/2016) kemarin.

Selanjutnya, daerah yang kemungkinan dilantik pada tahap kedua, yakni pada Maret 2016. Adapun pelantikan tahap tiga direcanakan pada bulan Juni 2016 untuk daerah yang AMJ-nya berakhir setelah Maret 2016.

Berdasarkan pernyataan Mendagri, maka pelantikan Bupati Kabupaten Karo kemungkinan akan diselenggarakan pada tahap ketiga atau bulan Juli 2016. Bupati Karo belum bisa dilantik karena AMJ Terkelin Brahmana baru akan berakhir pada 25 Maret 2016.

“Jadi penundaan pelantikan Bupati Karo tidak ada kaitannya dengan unjuk rasa dan RDP DPRD Karo beberapa waktu yang lalu, sebab Mendagri menyatakan kepala daerah yang bermasalah tetap di lantik dan ketika perkara inkrah baru di lakukan pergantian,” tulis Roy Fachraby Ginting di Facebook.