Perayaan Imlek di Medan Diwarnai Hujan Lebat

Perayaan Imlek di Medan Diwarnai Hujan Lebat
Sipayo.com – Perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016 diwarnai guyuran hujan lebat di Medan. Hujan lebet mulai mengguyur Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini sejak malam hingga pagi hari ini.

Sebelumnya pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi hujan bakal turun pada perayaan Imlek tahun ini. (Baca Pula: Kumpulan Ucapan dan Gambar DP BBM Imlek 2016)

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Peringatakan Dini Cuaca Ekstrim BMKG, Kukuh Rubudiyanto. Menurutnya, hujan di Januari dan Februari cenderung ekstrem karena curah hujan mencapai di atas 100 milimeter per hari.

“Statistik di akhir Januari dan awal Februari merupakan puncak musim hujan khususnya di selatan khatulistiwa,” terang Kukuh Rubudiyanto sebagaimana dikutip dari rri.co.id, Kamis (28/1/2016).

Sementara itu, Ketua Yayasan Klenteng Kebun Jeruk TITD Low Lie Bio Indra Satya Hadinata mengungkapkan perayaan Imlek yang selalu bertepatan dengan musim penghujan bukan tanpa sebab. (Baca: Ada 3 Shio Yang Kurang Beruntung di Tahun Monyet Api)

“Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Maka waktu tahun baru Imlek sering bersamaan dengan turunnya hujan karena dipercaya membawa rizki bagi orang Tionghoa,” katanya.