6 Tips Melakukan Staycation yang Menyenangkan

6 Tips Melakukan Staycation yang Menyenangkan
Sipayo.com – Salah satu cara mengisi liburan yang seru dengan biaya yang hemat adalah dengan staycation, yakni gabungan kata dari ‘stay’ dan ‘vacation’. Lalu apa arti kata ini sebenarnya?

Staycation artinya liburan tetap tinggal di rumah atau berlibur ke tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Liburan ini dapat dilakukan di dalam kota maupun sedikit ke pinggiran.

Melalui kegiatan staycation anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun dengan cara ini Anda juga dapat menjelajahi daerah-daerah yang dekat dengan Anda bahkan lokasi yang mungkin sering dilalui.

Berikut ini adalah 6 tips perencanaan melakukan Staycation yang menyenangkan, sehingga kegiatan tersebut dapat Anda secara maksimal dan menyenangkan, serta dengan tujuan akhir yang tentunya dapat menyenangkan diri Anda:

1. Tentukan Lokasi Staycation
Pertama yang harus direncanakan adalah tempat dimana liburan staycation akan dilakukan. Dengan membuat perencanaan yang matang, maka Anda akan merasa seperti tengah melakukan perjalanan ke luar negeri. Anda juga dapat mengambil perjalanan singkat ke lokasi tujuan atau pun memilih tempat lokasi yang akan dituju, dimana lingkungan yang berada di kota Anda tersebut belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

2. Menjelajah Lokasi dengan Berjalan Kaki
Melakukan perjalanan di tengah kota, memasuki toko-toko yang bisa Anda masuki merupakan pengalaman yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Begitu pula halnya ketika menyusuri jalan-jalan, dan melihat rumah-rumah sekitar tentu akan menjadi pengalaman berbeda bukan? Dalam perjalanan tersebut Anda juga bisa membuatkan peta sekitar sekaligus menjadikan tur ditengah kota semakin menyenangkan.

3. Berbicara dengan Masyarakat Sekitar
Meminta rekomendasi tentang tempat makan yang enak dan menyenangkan terhadap masyarakat sekitar juga merupakan hal yang tidak luput harus Anda lakukan. Dengan data-data yang cukup terkait tempat kuliner yang Anda miliki, maka tentu hal ini akan menyenangkan dikunjungi pada kegiatan staycation berikutnya.

5. Membeli Kartu Pos dan Souvenir
Membeli souvenir adalah cara yang meyenangkan dalam mengingat suatu perjalanan yang Anda lakukan. Bahkan ketika itu adalah sebuah kota yang dekat dengan Anda. Souvenir memungkinkan Anda untuk melihat kota dalam cahaya yang berbeda. Mengirim kartu pos ke teman Anda ketika kembali ke rumah merupakan cara memberitahu mereka tentang pengalaman Anda.

6. Mencatat Kesan Perjalanan dalam Tulisan
Menuliskan pengalaman Anda jika sudah mengunjungi suatu tempat sebelumnya baik berupa keistimewaan tempat, makanan, bahkan hingga tentang penduduk setempat merupakan salah satu cara istimewa agar kegiatan Anda tetap akan terkenang.

Dengan cara mengikuti tips ke-6 melakukan staycation yang menyenangkan diatas, maka yakinlah Anda bahwa pengalaman ini benar-benar menjadikan Anda seolah-oleh berpergiaan keluar negeri. Setelah melakukannya, maka Anda akan menyadari betapa staycation merupakan suatu petualangan yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.