Berapa Usia Ideal Untuk Menikah ? Ini Jawabannya

Berapa Usia Ideal Untuk Menikah ? Ini Jawabannya
 
Sipayo.com – Menikah adalah hal yang perlu dipersiapkan secara matang. Bagi pasangan yang ingin menikah sebaiknya siap secara mental dan pikiran agar nantinya dalam menjalani pernikahan dapat berlangsung dengan bahagia.
 
 
Faktor umur juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah. Karena menurut beberapa penelitian, peningkatan jumlah angka perceraian nampak dari pernikahan pasangan di usia 20 tahun.
 
 
Jadi, berapakah usia ideal yang cocok untuk menikah?
 
Dilansir dari boldsky, selasa (1/3/2016), hal yang pertama penting untuk dipertimbangkan agar pernihakan menjadi awet adalah faktor umur.
 
Prinsipnya, tidak ada patokan berapa usia yang paling tepat untuk menikah karena usia hanyalah sebatas angka bukan menentukan kedewasaan seseorang.
 
Namun, faktor usia tetap menjadi penting agar kita dapat mengetahui seperti apa tantangan, dan kematangan mental pasangan dalam menjalankan pernikahan, sebagaimana dikutip pada liputan6 berikut ini:
 
1. Pernikahan di usia 20-an
Usia 20 hingga 25 tahun adalah usia yang seharusnya dilakukan untuk menyelesaikan pendidikan dan mengawali karier namun jika pernikahan terjadi di usia ini, diperlukan tanggung jawab yang sangat besar untuk membangun rumah tangga dengan karier yang belum maksmimal.
 
2. Pernikahan di atas 25 tahun
Usia ini dikatakan dalam masa seseorang mulai menginginkan hidup berdua dengan orang yang mereka inginkan. Dari sisi fisik dan ekonomi, wanita dan pria di usia ini biasanya cukup matang.
 
3. Menikah di usia 30-an
Bagi wanita khususnya mereka memiliki keterbatasan fisik yaitu untuk kesehatan rahim mereka. Namun ilmu kedokteran mengatakan pernikahan yang dilakukan wanita sebelum usia 35 tahun masih miliki kemungkinan kehamilan yang baik.
 
4. Pernikahan di atas 35 tahun
Usia ini sering kali menimbulkan pertanyaan dari banyak orang ketika pria atau wanita belum menikah.
 
Hal ini menjadi sebuah perjalanan rumit ketika pernikahan tertunda akibat terlalu asyik hidup sendiri dan kemungkinan besar berasal dari tekanan karir. Menikah di usia ini pun menjadi masalah serius untuk kehamilan dan persalinan sang wanita.
 
5. Menikah setelah 40 tahun
Pria dan wanita yang belum menikah hingga usia 40 tahun membutuhkan pasangan yang sesuai dengan dirinya. Dan perlu lah mereka yang berusia 40 tahun berkonsultasi kepada para ahli untuk mendapatkan proses pernikahan yang tepat
 
Ingat, Usia tidak menjadi tolak ukur yang pasti mengkukur kedewasaan seseorang, namun tindakan dan tanggung jawab. Tua itu pasti, dewasa itu pilihan.