IMKA AMIK MBP Mencari Jejak Sejarah Karo di Istana Maimun

IMKA AMIK MBP Mencari Jejak Sejarah Karo di Istana Maimun
Sipayo.com – Dalam rangka memupuk rasa kecintaan terhadap kebudayaan Karo, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) AMIK MBP Medan mengadakan kunjungan ke Istana Maimun di Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (8/2/2016).

“Istana Maimun memang dikenal sebagai istana Kesultanan Deli dan merupakan salah satu ikon Kota Medan. Namun kami semakin tertarik mengunjungi situs sejarah ini, sebab disini kita dapat menemukan jejak sejarah Suku Karo,” ujar Ketua IMKA AMIK MBP Rusmadi Ginting.

Rusmadi menambahkan, situs sejarah Karo yang dapat ditemukan di lingkungan Istana Maimun berupa bangunan yang digunakan sebagai tempat Meriam Puntung.

“Konon potongan mariam ini juga terdapat di dataran tinggi Karo, tepatnya di Desa Sukanalu, Kecamatan Tigapanah. Ini juga akan kita kunjungi bersama teman-teman IMKA AMIK MBP dalam beberapa waktu kedepan,” ujar Rusmadi menambahkan.

Rusmadi juga menyebutkan bahwa bangunan geriten yang terdapat di lingkungan Istana Deli tersebut dulunya merupakan pemberian para Raja Karo sebagai hadiah kepada Sultan Deli.

“Bangunan geriten ini memang secara turun-temurun telah terdapat di Istana Maimun. Geriten ini menurut kabarnya, dulu dibangun oleh para Raja Karo yang dipergunakan sebagai hadiah kepada Sultan Deli, atau tepatnya dari pihak Kalimbubu kepada pihak Anak Beru,” terangnya.

Rusmadi turut menambahkan bahwa raja-raja Karo, khususnya pihak Datuk Sunggal yang bermerga Surbakti merupakan Kalimbubu atau Ulunjandi dari pihak Kesultanan Deli.