Nama Ruben Tarigan Menguat Jadi Calon Gubernur Sumatera Utara

Nama Ruben Tarigan Menguat Jadi Calon Gubernur Sumatera Utara
Sipayo.com – Nama Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Ruben Tarigan, SE, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut semakin senter disebut menjadi salah satu kandidat kuat calon Gubernur pada Pilgubsu 2018 mendatang.

Menguatnya nama Ruben Tarigan sebagai kandidat calon gubernur kian mengemuka setelah mendapatkan dukungan dari beberapa DPC PDIP di Sumatera Utara meski masih dalam tahap lisan.

Selain itu, beberapa tokoh masyarakat di Deliserdang dan Kota Medan, serta beberapa ormas Karo seperti DPP Barisan Pemuda Karo (BPK) juga turut telah mengemukakan dukungan sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPP BPK Jesayas Tarigan di salah satu Restoran di Helvetia beberapa waktu yang lalu.

Demikian pula halnya, dilingkungan internal organisasi DPD HMKI Sumut yang dipimpin oleh Ruben Tarigan telah mengemuka aspirasi yang mendukung putra kelahiran Batu Karang, 1 Desember 1965 tersebut untuk maju pada Pilgubsu mendatang.

Menurut informasi yang mengemuka di internal DPD HMKI Sumut, menyebutkan bahwa Ruben Tarigan juga telah mendapat pinangan dari beberapa kandidat lain untuk menjadi pasangan bakal calon nantinya.

Foto Politisi PDIP Saat Reses di Deliserdang
Terkait mencuatnya namanya sebagai kandidat calon gubernur pada Pilgubsu mendatang, Ruben Tarigan yang dimintai tanggapnya terkait hal tersebut disela-sela reses DPRD Sumut di daerah Pemilihan Deliserdang, Jumat (11/3/2016) lalu, turut mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari berbagai elemen tersebut.

“Memang dari pertimbangan keluarga juga sebenarnya telah mendukung ke arah sana. Terkait dukungan dari berbagai elemen ini, tentu kita juga patut mengucapkan banyak terima kasih,” ujarnya.

Ruben juga menambahkan, jika niat dirinya untuk membangun Sumatera Utara dengan konsep nawacita juga akan turut direstui oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, maka dirinya juga telah siap mengemban amanat tersebut.

“Jika niat baik saya dalam rangka membangun Sumatera Utara dengan konsep nawacita direstui oleh ibu Megawati Soekarno Putri yang menjadi ketum kami di PDIP, maka saya sudah siap menjadi calon Gubernur Sumatera Utara,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, nama Ruben Tarigan kini tengah melejit di kancah politik Sumatera Utara. Nama Ruben dibesarkan dari partai wong cilik PDI Perjuangan yang bermula menjabat sebagai Sekretaris Ranting PDIP Sei Rotan di tahun 1999 hingga 2002.

Berikut adalah riwayat organisasi Ruben Tarigan di PDIP, yang dilaluinya mulai dari Sekretaris Ranting, dan hingga kini telah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Sumut:

– Sekretaris Ranting PDIP Sei Rotan (1999-2002)
– Ketua PAC PDIP Kecamatan Percut Sei Tuan (2002-2007)
– Ketua DPC PDIP Kabupaten Deliserdang (2007-2011)
– Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara (2011-sekarang)

Selain menjabat sebagai Wakil DPRD dan Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Ruben Tarigan juga dikenal sebagai Ketua DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumut, yakni salah satu ormas Suku Karo yang cukup dikenal luas oleh masyarakat Sumatera Utara.