Teatrikal Sejarah Karo di Lapangan Merdeka Medan

Teatrikal Sejarah Karo di Lapangan Merdeka Medan
Sipayo.com – Belasan anggota Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) AMIK MBP Medan menggelar aksi teatrikal mengenang sejarah Karo di Lapangan Merdeka, Medan, Sabtu (2/4/2016) siang.

Aksi teatrikal tersebut berupaya ingin mengenang konsep pengadilan di Istana Deli tempo dulu, dimana para hakim terdiri dari unsur Sultan Deli didampingi oleh Datuk Empat Suku yang terdiri dari kalangan Karo. Selain itu, Datuk Empat Suku juga didampingi masing-masing dua orang yang terdiri dari kalangan Senina dan Anak Beru mereka.

“Kami mengadakan aksi teatrikal ini dalam rangka ingin mengenang sejarah keberadaan Karo dan hubungannya dengan kalangan para Sultan di Istana Deli tempo dulu,” ujar Rusmadi Ginting selaku ketua IMKA AMIK MBP.

Rusmadi menambahkan, dari hasil penelusuran terkait sejarah keberadaan Karo dan hubungannya dengan Melayu Deli bersama teman-temannya di IMKA AMIK MBP. Mereka menemukan bahwa pada masa dulu, ternyata antara Karo dan Melayu Deli memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan.

“Kekerabatan antara Karo dan Melayu Deli itu ternyata sangat dekat, bahkan hingga kini pun masih tetap terjalin dengan baik. Buktinya keberadaan Datuk Empat Suku masih tetap diakui keberadaanya di lingkungan Istana Maimun,” ujar Rusmadi.

Foto Keberadaan Datuk Empat Suku di Istana Maimun Tempo Dulu
Adapun Datuk Empat Suku yang dimaksud terdiri dari Urung Serbanyaman (Sunggal) yang bermerga Surbakti, Urung Sepuluh Dua Kuta yang bermerga Karo-Karo Purba, Urung Suka Piring yang bermerga Karosekali dan Meliala, dan Urung Senembah yang bermarga Barus.

Ditanya tentang mengapa aksi tetrikal diadakan di Lapangan Merdeka, Rusmadi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilakukan di titik nol kota Medan agar keberadaan sejarah tersebut semakin banyak yang mengetahui, khususnya kalangan generasi muda.

“Kita sengaja mengadakan aksi teaterikal di Lapangan Merdeka sebagai titik nol Kota Medan, sebab di tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya,” terang Rusmadi.

Beberapa saat yang lalu, IMKA AMIK MBP juga mengadakan pencarian sejarah Karo di Istana Maimun (Baca: IMKA AMIK MBP Mencari Jejak Sejarah Karo di Istana Maimun). Selain itu, IMKA AMIK MBP juga telah mengunjungi beberapa situs sejarah Karo yang berada di Dataran Tinggi Karo (Baca: IMKA AMIK MBP Kunjungi Situs Sejarah Karo)