Seminar Nasional Tanaman Aren akan Digelar di USU

Seminar Nasional Tanaman Aren akan Digelar di USU
Sipayo.com – Forum Bumi Hijau yang menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Paska Sarjana Fakultas Pertanian USU akan mengadakan Seminar Nasional tentang Aren.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, MP sebagai ketua panitia. Acara seminar tersebut diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2016, mulai pukul 09.00 WIB di Biro Rektor USU ruang IMT-GT lantai 2.

“Mengingat kondisi kehidupan petani aren dari tahun ke tahun, serta dari jaman ke jaman, tetap sulit dan mayoritas hidup dibawah garis kemiskinan. Padahal dua batang aren saja pun sudah dapat menjadi tumpuan dan mampu menghidupi dan mensekolahkan anak minimal sampai pendidikan dasar 12 tahun, sehingga berbagai kegiatan kita selenggarakan termasuk seminar ini” ujar Koordinator Kepanitiaan, Benson Kaban, S.Sos.

Selain menggelar kegiatan seminar, terdapat kegiatan lain terkait tanaman aren yang dikoordinir oleh Benson, yakni kegiatan Temu Nasional Komunitas Aren Indonesia (TN KAI) yang dilaksanakan di Desa Buluh Awar, Sibolangit pada tanggal 3-5 Juni 2016.

Dalam rangka menggelorakan dua mata acara tersebut, Forum Bumi Hijau jauh hari juga sudah melaksanakan gerakan penanaman pohon aren yang sekaligus mengkampanyekan aren sebagai tanaman konservasi dan mampu mengamankan ancaman longsor. Kegiatan ini telah dimulai sejak 22 Juni 2016 yang bertepatan dengan Hari Bumi, hingga menyambut Hari Lingkungan Hidup pada 5 Juni 2016.

Adapun puncak acara penanaman pohon aren akan diselenggarakan di Sibolangit pada 2 Juni 2016, yang secara simbolis akan ditanam oleh pejabat kementerian Lingkungan Hidup, antara lain Kelik Wirawan Widodo (Tenaga Ahli Menteri), Djoko Widarjo (Tenaga Ahli Menteri) dan Dr. Dwi Suharto (Kepala Puslitbang KLH).

Gerakan penanaman pohon aren yang sudah dilaksanakan selama ini  dilakukan dengan semangat menanam 10.000 pohon Aren untuk 2 jalur, yakni jalur Medan – Takengon via Kabanjahe 425 KM dan jalur Tiga Ras – Parapat 31 KM.