Arya Sinulingga Narasumber Diskusi Percepatan Pariwisata Danau Toba

Arya Sinulingga Narasumber Diskusi Percepatan Pariwisata Danau Toba
Sipayo.com – Direktur Pemberitaan MNC Media Arya Sinulingga menjadi pembicara pada acara ‘MarkPlus Center Tourism & Hospitality’ bertajuk Diskusi Percepatan Pariwisata Danau Toba: Identifikasi Sejumlah Langkah Kritis Jangka Pendek, di Philip Kotler Theater Class, Jakarta, Jumat (20/10/2016) kemarin.

Dalam paparannya, Arya Sinulingga mengatakan pembangunan infrastruktur Danau Toba bisa dimulai dari Desa Tongging, sebelah utara Danau Toba. Sebab, wilayah Tongging lebih dekat ke pusat Kota Medan, yang hanya berjarak 2,5 jam apabila berkendara darat.

“Dari Tongging, pemerintah bisa membuat transportasi air menyusuri tujuh kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba. Transportasi ini lebih cepat terealisasi dibandingkan harus membangun jalan tol, serta turis juga bisa memanfaatkan wisata ini menyusuri Toba lewat kapal,” ujarnya.

Lebih lanjut Arya mengatakan, estimasi waktu sebuah kapal menyusuri Danau Toba dapat dilakukan sekitar tiga hari, dimana wisatawan dalam waktu tersebut dapat singgah disetiap desa tradisional yang berada di pinggiran danau.

Artinya, wisata cruise (pesiar) ideal untuk menarik wisatawan asing atau domestik datang ke Danau Toba. “Di Flores saja, ada transportasi menyusuri laut Flores dengan biaya Rp 3 juta per orang per malam. Danau Toba bisa mengadopsi hal serupa,” ujarnya.