Sendalanen Etnik Pukau Ratusan Pengunjung PSB Kota Medan

Sendalanen Etnik Pukau Ratusan Pengunjung PSB Kota Medan
Laporan: Denhas Maha

Sipayo.com – Membawa konsep yang berbeda dengan menggabungkan seni dan budaya tradisi dan modern Karo, ‘Sendalanen Etnik’ berhasil memukau ratusan pengunjung yang hadir di Pentas Seni dan Budaya (PSB) Kota Medan, Sabtu (29/04/2017) malam.

Sebagaimana dikemukakan oleh salah satu anggota ‘Sendalanen Etnik’ Stepanus Purba, kelompok sanggar mereka sengaja menggabungkan konsep kolaborasi tari tradisi dan modern Karo agar semakin mudah dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

“Melalui kolaborasi tari tradisi dan modern Karo yang kami persembahkan dalam acara ini, dimaksudkan agar semakin mudah dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, tanpa meninggalkan nilai-nilai seni dan budaya Karo itu sendiri” ujarnya.

Acara yang berlangsung di Jl. Pulau Pinang, (Lapangan Merdeka) Medan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata Kota Medan dan Asosiasi Perusahaan Penyelenggara dan Pelaksana Acara (APPARA), serta didukung oleh Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kota Medan.

Ratusan pengunjung yang hadir dari berbagai sudut Kota Medan tampak antusias menikmati sungguhan seni dan budaya Karo di acara PSB malam ini. Tidak hanya dihadiri kalangan warga Karo, namun dihadiri pula oleh masyarakat dari luar Karo.

Selain menyungguhkan seni dan budaya Karo, acara PSB juga turut menghadirkan kuliner khas Karo, seperti cimpa, bohan rires, dan lainnya. Tidak hanya sampai disitu, pengunjung juga turut disuguhkan dengan kehadiran berbagai stand yang menampilkan aksesoris dan uis Karo.

Nande Kawas Br Ginting salah satu pengunjung yang berasal dari Padang Bulan turut mengapresiasi acara PSB yang menghadirkan seni dan budaya Karo. “Acara ini sebenarnya sudah sangat bagus sekali, tapi masih disayangkan karena informasinya sangat minim,” ujarnya.

Harapannya, acara ini digelar secara rutin, serta informasinya dapat lebih diperluas lagi, baik melalui radio dan spanduk-spanduk. “Ada baiknya, jauh-jauh hari sebelum acara sudah diumumkan melalui radio maupun melalui spanduk-spanduk agar semakin banyak masyarakat yang hadir. Saya sendiri dapat informasi kegiatan ini dari media sosial,” terangnya.