Ahok Ditahan di Lapas Cipinang Usai Vonis 2 Tahun Penjara

Ahok Ditahan di Lapas Cipinang Usai Vonis 2 Tahun Penjara
Sipayo.com – Usai pembacaan vonis hukuman 2 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terkait perkara penodaan agama, Jaksa Penuntut Umum (JPU) langsung membawa Ahok ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Rutan Cipinang, Asep Sutandar, turut membenarkan hal tersebut. “Ya (ditahan), seperti yang lainnya. Nanti ditempatkan di blok ya kalau sudah ditempat saya,” ujarnya.

Untuk tahanan baru yang akan masuk ke dalam rutan, kata Asep, nantinya Ahok juga akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“SOP-nya tetap, diperiksa kesehatan di awal-awal, di ruang registrasi, ditempatkan di blok masa pengenalan lingkungan selama seminggu atau dua minggu,” tukasnya.

Sebelumnya, ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto mengatakan Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan penodaan agama. 

“Pidana penjara selama dua tahun, menetapkan agar terdakwa ditahan,” ujar Dwiarso saat membacakan putusan sidang di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).