BBKSDA Sumut Bongkar Kuburan Harimau yang Dibunuh Warga di Labura

BBKSDA Sumut Bongkar Kuburan Harimau yang Dibunuh Warga di Labura
Sipayo.com – Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA) dibantu petugas Polisi, TNI, dan Time Sumatera mengevakuasi bangkai Harimau Sumatera yang tewas ditombak warga Dusun Kuala Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura).

Petugas BBKSDA melakukan evakuasi dengan cara menggali kuburan Harimau Sumatera yang telah dikubur oleh warga tersebut. Penggalian kuburan dilakukan dengan alat seadanya berupa cangkul. Setelah melakukan penggalian sedalam 30 meter, bangkai harimau sumatera ini pun ditemukan.

Proses penggalian dilakukan dimalam hari pasca tewasnya harimau sumatera ini, Kamis (25/5/2017) lalu. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan bangkai harimau akan disalahgunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab, apalagi dengan maraknya perdagangam bangkai satwa langka.

Setelah berhasil dievakuasi, selanjut bangkai Harimau Sumatera tersebut dibawa ke Medan untuk dilakukan otopsi.

Kepala Seksi Wilayah 3 Asahan BBKSDA Sumut, Zainuddin mengatakan, Harimau Sumatera ini berjenis kelamin jantan dan masih berusia remaja.

“Masuknya harimau untuk mencari makan kedalam perkampungan warga dikarenakan rusaknya hutan bukit barisan yang menjadi habitatnya,” turut Zainuddin.