Cara Mengatasi Serangan Malware WannaCrypt

Cara Mengatasi Serangan Malware WannaCrypt
Sipayo.com – Serangan malware jenis ransomware yang disebut WannaCry terhadap jaringan komputer kini tengah hangat menjadi perbincangan diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

WannaCry ini mengincar personal komputer (PC) berbasis Windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SBM yang dijalankan di komputer tersebut.

Wannacry saat ini sudah banyak memakan korban di berbagai negara sehingga dikategorikan sebagai teroris siber, karena bersifat tersebar dan  masih, sekaligus menyerang critical resource.

Serangan Wannacry di Indonesia telah terjadi di RS Harapan Kita dan RS Dharmais, dimana serangan malware tersebut berjenis ransomware, yakni jenis malicious software/malware yang menyerang dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses.

Lalu bagaimana langkah antisipasi dan mengatasi sekaligus mencegah serangan malware ransomware Wannacry? Berikut adalah langkah-langkahnya sebagaimana dipublikasikan oleh akun Twitter resmi Kementerian Kominfo: