Dimutasi Staf Puskesmas Menginap di Kantor DPRD Medan

Dimutasi Staf Puskesmas Menginap di Kantor DPRD Medan

Sipayo.com – Aksi protes dengan menginap dan sahur di Kantor DPRD Kota Medan, dilakukan 18 orang staf Puskesmas Perumnas Simalingkar. Aksi protes ini mereka lakukan sebagai bentuk penolakan atas pemutasian yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan kepada 8 rekan mereka tanpa alasan yang jelas.

Selain itu, mereka juga memprotes tindakan Kepala Puskesmas Perumnas Simalingkar DR. Roosleym Batara yang memotong honor mereka sebesar 100 ribu rupiah setiap bulannya.

Menurut para tenaga kesehatan ini, pemutasian terhadap 8 orang staf puskesmas ini berawal saat mereka mengadukan tindakan yang dilakukan Kepala Puskesmas kepada DPRD Kota Medan. Buntut pengaduan ini, dimutasi 8 orang rekan mereka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan.

Menurut staf Puskesmas Perumnas Simalingkar Drg. Ester Raflesya, tindakan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan tersebut telah melanggar Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Karena mutasi hanya bisa dilakukan oleh Walikota Medan dengan menerbitkan surat keputusan mutasi,” ujarnya.

Para staf Puskesmas Perumnas Simalingkar memohon kepada DPRD Kota Medan agar segera merekomendasikan pemecatan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dan Kepala Puskesmas Perumnas Simalingkar kepada Walikota, karena mereka telah menyalahgunakan jabatan mereka untuk kepentingan pribadi.