Kapolda Sumut Keluarkan Maklumat Pelarangan Penggunaan Petasan

Kapolda Sumut Keluarkan Maklumat Pelarangan Penggunaan Petasan
Sipayo.com – Kapolda Sumatera Utara, Irjen pol Rycko Amelza menerbitakan surat maklumat tentang pelarangan penggunaan petasan. Hal ini bertujuan untuuk menjaga ketertiban dan suasana kondusif selama bulan suci Ramadhan.

Maklumat bernomor Mak/03/V/2017 yang ditandatangani Kapolda pada tanggal 26 Mei 2017 itu mengacu pada mengacu pada UU Darurat tahun 1951 Pasal 359 dan 188 KUHP, serta Peraturan Kapolri No 2 tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Pengamanan Bahan Peledak.

Dalam surat maklumat tersebut, masyarakat hanya diperbolehkan menggunakan kembang api mainan berdiameter kurang dari 2 inchi dan berat mesiu kurang dari 20 gram, yang tidak memerlukan izin pembelian dan penggunaan dari kepolisian.

Kapolda juga melarang penggunaan semua jenis kembang api dilokasi vital publik seperti rumah sakit, rumah ibadah, sekolah, bandara, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, bank, perkantoran, dan jalan raya.

“Kami akan berikan dan berlakukan sanksi pidana kepada siapapun yang ketahuan melanggar ketentuan tersebut,” tegas Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting saat memberikan penjelasan terkait maklumat Kapolda.