Menyedihkan! Ribuan Kodok Milik Jokowi Mati Dimangsa Biawak

Menyedihkan! Ribuan Kodok Milik Jokowi Mati Dimangsa Biawak
Sipayo.com – Presiden Jokowi punya beragam hobi untuk menghibur diri dari penatnya keseharian dalam mengemban tugas negara. Salah satu diataranya adalah memelihara hewan kesayangan.

Dari beragam hewan yang dipelihara Jokowi, ada yang dilepas secara bebas, tetapi tetap diberi makan. Hewan tersebut adalah kodok. Meski kodok sangat jarang dipelihara oleh orang kebanyakan. Justru matan Walikota Solo tersebut sangat senang memelihara hewan ini.

Menurut pengakuan Jokowi, dia senang ketika kodok-kodok bersuara seiring dengan turunnya hujan. Ia tinggal duduk dan menikmati suara kodok yang dianggapnya sangat menyenangkan itu.

“Supaya kalau malam ada suara kodok, kung-kong, kwang-kwong, kwang-kwong. Kan enak, jadi fresh otaknya,” kata Jokowi sebagaimana banyak diwartakan media massa pada tahun 2014 silam.

Ketika Jokowi terpilih jadi presiden, ia pun tetap gemar mendengar suara kodok. Bahkan pada awal kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Indonesia, ia kembali melepas ribuan di sekitar tempat tinggalnya.

Dalam suatu kesempatan kepada wartawan, Jokowi mengungkapkan bahwa ada dua ribuan kodok yang ia lepas di sekitar rumahnya yang jadi satu dengan Kebun Raya Bogor.

Kisah menyedihkan terkait nasib kodok pun akhirnya muncul. Belakangan, suara kodok di kediaman presiden perlahan-lahan telah menghilang. Setelah diusut, ternyata biawak yang menjadi penyebabnya.

“(Awalnya kodoknya) ada ribuan. Buanyak sekali. Ya, tetapi kodoknya habis dimakan biawak,” cerita Jokowi ketika diwawancara Rosiana Silalahi dan ditayangkan di Kompas TV, Kamis (25/5/2017) malam.

Meski telah kehilangan suara-suara kodok kesayangannya, Jokowi mengaku tidak terlalu risau. Kala hujan turun, ia juga mengaku masih sesekali mendengar ocehan kodok.

Mungkin kodok itu takut diterkam biawak jika bersuara terlalu lantang. Lagipula, menurut Jokowi, redupnya suara kodok tidak membuat nuansa alam hilang seluruhnya dari kediamannya itu.

“Kalau pagi tetap sangat sejuk, banyak burung. Kalau sore juga sama. Sejuk, banyak burung. Di sini kalau kita lihat hewan-hewan, rusa mungkin ada lebih dari 700 ekor, ada kambing yang kita pelihara, ada ikan yang kita pelihara, ada ayam banyak yang kita pelihara,’ ujar Jokowi.