Pakkat Makanan Berbuka Puasa Khas dari Mandailing

Pakkat Makanan Berbuka Puasa Khas dari Mandailing
Sipayo.com – Menjelang berbuka puasa, tentunya membayangkan makanan adalah hal yang mengundang lapar. Salah satu makanan khas berbuka puasa yang bisa mengugah selera adalah pakkat.

Pakkat makanan khas masyarakat asal Mandailing ini diolah dari pucuk rotan. Makanan ini kini banyak digermari warga Kota Medan sebagai makanan pendamping lauk pauk saat berbuka puasa.

Dalam pengolahannya, pucuk rotan atau biasa disebut pakkat ini dibakar terlebih dahulu. Setelah batang pucuk rotan mulai menghitam, pucuk rotan mulai dikuliti untuk mengambil isi bahagian dalam pucuk rotan. Isinya inilah yang akan dikonsumsi.

Selain untuk menambh nafsu makan, pakkat juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti masuk angin, gula darah, rematik, malaria dan berbagai penyakit lainnya.

Ucok Harahap salah satu penjual pakkat di Kota Medan menuturkan, penggemar pakkat tidak hanya masyarakat bersuku Mandailing saja, namun juga masyarakat suku lain yang tinggal di Kota Medan.

“Selain dapat menambah nafsu makan, serta memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, harga pakkat juga sangat terjangkau oleh semua kalangan masyakat, hanya 4000 saja per porsinya,” ujar Harahap.