Polres Kediri Grebek Produsen Petasan, 350 KG Bahan Peledak Disita

Polres Kediri Grebek Produsen Petasan, 350 KG Bahan Peledak Disita
Sipayo.com – Polres Kediri menggrebek produsen petasan di kawasan Kecamatan Mojo. Dari industri rumahan tersebut, polisi menyita 350 kilogram bahan peledak dan alat pembuat petasan.

Penggrebekan tersebut dilakukan di Rumah Sulaiman yang berada di Desa Kranding, Kecamatan Mojo, Kediri. Petugas langsung menyisir sudut-sudut rumah pria yang bekerja sebagai petani tersebut.

Ketika melakukan penyisiran di dalam rumah, polisi tidak menemukan apa yang dicari. Baru, setelah menyisir pekarangan belakang rumah, polisi akhirnya menemukan bahan peledak yang disembunyikan Sulaiman di kebun pisang dan ditutupi daun kering.

Tidak tanggung-tanggung, berat bahan peledak mencapai 350 kilogram, terbungkus dalam tujuh karung.

Penggerebekan tersebut merupakan pengembangan setelah polisi menangkap Zakki, penjual petasan di Kecamatan Kras Kediri. Dari tangan Zakki polisi menyita 4,5 kilogram bahan peledak. Zakki mengaku mendapatkan bahan petasan itu dari Sulaiman.

Menurut polisi, bisnis musiman yang dilakoni Sulaiman sudah berlangsung selama tiga tahun. “Saat bulan Ramadhan, ketika permintaan petasan meningkat, harga satu kilogram bahan petasan dibeli Rp90 ribu, kemudian dijual Rp145 ribu. Total keuntungan yang diterima tersangka bisa mencapai belasan juta rupiah,” Ujar Kapolres Kediri AKBP Sumaryono.