Unik! Masyarakat Binjai Sambut Ramadhan dengan Makan Nasi Beragi

Unik! Masyarakat Binjai Sambut Ramadhan dengan Makan Nasi Beragi
Sipayo.com – Ribuan umat Muslim di Kota Binjai, Jumat (26/5/2017) pagi berkumpul di halaman Masjid Agung Binjai untuk mengikuti tradisi meugang atau makan bersama menjelang datangnya bulan suci ramadhan.

Sebelum mengikuti tradisi meugang, peserta terlebih dahulu sholat subuh secara berjamaah dan mendengarkan ceramah yang disampaikan seorang ulang dari Medan.

Peserta yang mengikuti tradisi megang tampak berbaur bersama-sama untuk menikmati nasi beragi atau nasi ala Timur Tengah yang sengaja disiapkan pengurus Masjid Agung Binjai untuk disantap bersama-sama.

Di awali dengan doa yang dipimpin seorang ulama, nasi beragi kemudian disantap bersama-sama, sehingga membuat suasana pagi hari di halaman Masjid Agung Binjai menjadi penuh kehangatan menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Pihak pengurus menyiapkan lebih dari dua ratus nasi beragi untuk disantap secara bersama-sama. Adapun umat Muslim di Binjai yang diperkirakan hadir lebih dari dua ribu orang.

Berdasarkan keterangan Ketua BKM Masjid Agung Binjai, H.M. Yusuf SH, mengatakan tradisi makan bersama menjelang memasuki bulan suci ramadhan dilaksanakan dalam rangka menyatukan umat di Kota Binjai.

“Tradisi makan bersama memasuki bulan suci ramadhan sudah dilaksanakan sejak lama di lingkungan Masjin Agung Binjai,” ujarnya.

Menurut H.M. Yusuf, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan setiap tahunya di Kota Binjai menjelang datangnya bulan suci ramadhan.