Aduh, Setiap Orang Indonesia Dibebani Utang 16 Juta

Aduh, Setiap Orang Indonesia Dibebani Utang 16 Juta

Ilustrasi Utang (int)

Sipayo.com – Perhitungan utang Indonesia saat ini sudah mencapai Rp. 4.274 triliun rupiah. Menurut Ketua Umum Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) Suroto Minggu (18/6), jika dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 257 juta jiwa, maka setiap orang Indonesia, termasuk yang baru lahir menanggung utang sebesar 16 juta rupiah, dikutip dari Antara.

“Secara umum, Perekenomian kita struktur dikuasai oleh para pengusaha besar, sebanyak Rp 3.100 triliun atau setara 25% PDB negara kita dikuasai oleh 0,02% penduduk Indoneisia, ketimpangan ini membahayakan perekonomian kita,” lanjutnya.

Hal ini membahayakan karena perilaku orang kaya Indonesia lebih suka menumpuk hartanya diluar negeri dan meninggalkan utang di Indonesia ketika terjadi krisis ekonomi terangnya.

“Terlebih lagi, banyak infrastruktur yang dibangun saat ini cenderung difungsikan untuk mendorong faktor penarik bagi kelancaran investasi asing di Indonesia. Padahal, kita tahu mereka hanya ingin mengeksploitasi sumber daya alam kita dan hanya satu tujuannya, keuntungan” ucap Suroto