Apakah Pria Rambut Gondrong Boleh Dalam Islam? Ini Jawabanya…

Apakah Pria Rambut Gondrong Boleh Dalam Islam? Ini Jawabanya…
Sipayo.com – Apakah pria yang memiliki rambut panjang boleh atau tidak dilarang dalam ajaran Islam? Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas dipikiran para pembaca. Lalu bagaimana sebenarnya jawaban pastinya?

Dalam Islam, sesungguhnya rambut panjang bagi kalangan pria tidaklah dilarang, namun hendaknya dirawat sebagaiman mestinya.

Sebagaimana diketahui, Rasullulah sendiri ternyata memiliki rambut dengan panjang sebahu, dengan demikian banyak yang mengatakan ini sunah, namun ada pula pendapat lain ini mubah, yakni boleh dilakukan dan  boleh tidak.

Artinya, bila ingin memanjangkan rambut hendaklah dirawat dengan baik. Sebagaimana Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda,

“Siapa yang memelihara rambutnya maka hendaklah memuliakannya”. Arti merawat di sini adalah meminyakinya, menyisirnya, dan tidak mencukurnya secara total karena hal tersebut bertentangan dengan memuliakan rambut.

Selain merawat dengan definisi demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memanjangkan rambut bagi pria. Di antaranya sebagai berikut:

1. Niat memanjangkan rambut dengan keikhlasan karena Allah Taala, dan mengikuti petunjuk Rasul agar mendapatkan pahala;

2. Dalam memanjangkan rambut tersebut, hendaknya tidak menyerupai wanita. Tidak melakukan hal yang sering dilakukan oleh wanita terhadap rambutnya;

3. Tidak bermaksud untuk menyerupai ahli kitab (kristen dan yahudi), atau penyembah berhala, atau orang-orang yang bermaksiat dari kalangan muslimin, idola, atau selebriti;

4. Membersihkan rambut dan menyisirnya. Dianjurkan memakai minyak dan wangi-wangian serta membelahnya dari pertengahan kepala.