Apakah Arti Persekusi Adalah Kekerasan yang Dilakukan Ormas?

Apakah Arti Persekusi Adalah Kekerasan yang Dilakukan Ormas?
Sipayo.com – Istilah perkusi kerap menjadi bahan pemberitaan media massa akhir-akhir ini. Umumnya berita yang mengemuka terkait persekusi kerap identik dengan kekerasan yang dilakukan oleh organisasi massa (ormas) tertentu. Apakah benar arti persekusi adalah kekerasan yang dilakukan oleh ormas?

Bila dilihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disebutkan bahwa arti persekusi adalah pembunuhan sewenang-wenang terhadap seseorang atau sejumlah warga dan disaktii, dipersusah, atau ditumpas.

Lebih lanjut di KBBI menyebutkan memersekusi berarti menyiksa, menganiaya: tanpa memikirkan lagi keadilan atau kemanusiaan, mereka – lawan politiknya bagai iblis.

Lalu apakah pengertian persekusi di KBBI sejalan dengan arti persekusi yang identik dengan tindakan kekerasan sebagaimana yang kerap diberitakan media massa?

Melalui pemberitaan Rakyat Merdeka Online (RMOL), disebutkan koalisi masyarakat sipil anti persekusi menyerukan agar pemerintah serius dalam menangani tindakan ini. Lebih lanjut dalam rilis tersebut disebutkan pula pengertian persekusi adalah tindakan pemburuan sewanang-wenang oleh organisasi masyarakat (ormas) kepada individu atau warga sipil.

Dari kedua pengertian diatas, maka jelaslah bagi kita bahwa persekusi adalah tindakan kekerasan yang melawan hukum. Kekerasan yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk fisik (pemukulan), tapi bisa juga dengan cara-cara intimidasi atau teror.