Gawat!!! 2021 Indonesia Krisis Dosen

Gawat!!! 2021 Indonesia Krisis Dosen

Sipayo.com – Dunia pendidikan tinggi di Indonesia diprediksi tahun 2021 akan mengalami krisis pengajar. Hal ini disebabkan hingga hari ini belum ada perekrutan dosen baru. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi dalam catatannya mengatakan bahawa setiap tahunnya ada 1500 dosen yang pensiun. jika harus dihitung sampai 2021 maka akan ada 6000 dosen yang bakal pensiun.

“Pensiun itu pasti, namun perekrutan tidak ada” ungkap Dirjen Sumber Daya Iptek, Kemenristekdikti, Ali Gufron Mukti. “Sudah 3 tahun tidak ada perekrutan dosen”, ucapnya.

Rasio ideal antara mahasiswa dengan dosen adalah 1:40, namun hari ini rasio dosen dan mahasiswa adalah 1:70. Angka ini menunjukkan Indonesia masi membutuhkan banyak tenaga pendidik baru. Pada 2016 lalu, pemerintah berencana melakukan pengangkatan dosen, namun rencana itu dibatalkan.

Guna mengejar jumlah ideal dosen, Kemeristekdikti pun menawarkan 3 beasiswa yakni Beasiswa Pendidikan Pascasarjan Dalam Negeri (BPP-DN), Beasiswa Afirmasi untuk Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), dan Beasiswa Program Pendidikan Magisister Menuju Doktor Sarjana Unggulan (PMDSU).